Senin, 15 Juni 2015

contoh RPP Anak Berkebutuhan Khusus



SILABUS
Satuan Pendidikan      : SDLB Tunagrahita Ringan ( C )
Bidang Studi               : Ilmu Pengetahuan ALAM
Kelas/Semester            : IV / 1 (ganjil)
Standar Kompetensi   : Energi dan perubahanya
1.      Memahami sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari – hari.
No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1.1

































Mendeskripsikan beberapa sumber energi.












1.   Energi panas
2.   Energi bunyi
3.   Energi alternatif
·      Matahari
·      Angin
·      Air
·      Panas bumi




































Menyebutkan dan menjelaskan beberapa sumber energy.
Kognitif
1)       Menyebutkan beberapa sumber energi.
2)       Menjelaskan definisi sumber energi panas, energi bunyi, dan energi alternatif.
3)       Mencontohkan sumber energi panas, energi bunyi, dan energi alternative dalam kehidupan sehari – hari.

Psikomotor
1)      Mengidentifikasi macam – macam sumber energi.


Afektif
Perilaku berkarakter :
1)      Aktif
2)      Ulet
3)      Jujur
4)      Tanggap
5)      Kreatif
6)      Bertanggung jawab


Tes :
1.   Tertulis
2.   Lisan




































2 x 35 menit
(5 x pertemuan)






































·    Buku BSE Wahyono, Budi. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Hal 97 dan hal 101.
·   Buku lain yang relevan.
·   Poster bergambar benda-benda sumber energi
·   Video edukasi tentang beberapa sumber energi









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN LANGSUNG
Satuan Pendidikan                  : SDLB-C1
Mata Pelajaran                        : IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam )
Kelas                                       : VI / 1 (Ganjil)
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit ( 5 x pertemuan )
Standar Kompetensi               : Energi dan perubahanya
1.   Memahami sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari – hari.
Materi Pokok                          : Diskripsi beberapa sumber energi.

I.         KOMPETENSI DASAR
1.1 Mendeskripsikan beberapa sumber energi.
II.      INDIKATOR
1)      Menyebutkan sumber energi.
2)      Menjelaskan definisi sumber energi panas, energi bunyi, dan energi alternatif.
3)      Mencontohkan sumber energi panas, energi bunyi, dan energi alternatif dalam kehidupan sehari – hari.
4)      Mengidentifikasi macam – macam sumber energi.
5)      Aktif
6)      Ulet
7)      Jujur
8)      Tanggap
9)      Bertanggung jawab
III.   TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
1.      Diberikan materi tentang macam – macam sumber energi, siswa dapat menyebutkan minimal 3 sumber energi dengan benar.
2.      Diberikan penjelasan tentang definisi beberapa sumber energi, siswa dapat menjelaskan definisi sumber energi panas, energi bunyi, dan energi alternatif dengan bantuan guru.
3.      Diputarkan video edukatif  contoh – contoh sumber energi, siswa dapat mencontohkan sumber energi panas, energi bunyi, dan energi alternatif dalam kehidupan sehari – hari dengan benar.
Psikomotor
1.      Diberikan tabel serta penjelasan macam – macam sumber energi, siswa dapat mengidentifikasi yang termasuk sumber energi panas, energi bunyi, dan energi alternative dengan bantuan guru.
 Afektif
            1.      Diberikan penjelasan materi tentang macam – macam sumber energi, siswa dapat berperan aktif dengan mengajukan pertanyaan dan menjawab soal.
            2.      Diberikan tugas mengidentifikasi yang termasuk sumber energi panas, bunyi, dan alternatif , siswa dapat ulet dalam  mengerjakan tugas dan belajar.
            3.      Diberikan gambar contoh sumber energi panas, bunyi, dan alternatif secara acak, siswa dapat tanggap dengan  menjawab contoh sumber energi yang dimaksud oleh gambar yang diberikan.
            4.      Diberikan tugas tugas rumah siswa dapat bertanggung jawab terhadap tugasnya.
            5.      Diberikan soal ulangan harian tentang materi macam – macam sumber energi, siswa dapat jujur dengan mengerjakan soal ulangan semester sendiri tanpa bantuan teman.

IV.   MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran langsung

V.      SUMBER BELAJAR
1)      LKS 1 KD 1.1            : Mendeskripsikan beberapa sumber energi dalam kehidupan sehari – hari.
LP 1 KD 1.1   :  Membuat pesawat terbang
2)      Buku BSE kelas IV Wahyono, Budi. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Hal 97 sampai hal 101.

VI.   ALAT DAN BAHAN
·         Video edukasi contoh – contoh sumber energi
·         LCD, Proyektor.
·         Table macam – macam sumber energi.
·         Gambar contoh sumber energi panas
·         Gambar contoh sumber energi bunyi.
·         Gambar contoh sumber energi alternatif.

VII.LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
7.1.       Kegiatan Awal (10 menit)

1.      Guru memberikan salam
2.      Guru bersama siswa dipimpin salah satu siswa untuk berdo’a
3.      Guru melakukan absensi dan memotivasi siswa
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
7.2.       Kegiatan Inti ( 45 menit)
1.      Guru menjelaskan tentang macam – macam sumber energi.
2.      Siswa mendengarkan penjelasan guru serta mampu menyebutkan macam – macam sumber energi.
3.      Guru menjelaskan definisi sumber energi panas, energi bunyi, serta energi alternatif
4.      Siswa mendengarkan penjelasan guru serta mampu mendefinisikan sumber energi panas, energi bunyi, serta energi alternatif.
5.      Guru memutarkan video edukasi  contoh sumber energi panas, energi bunyi, serta energi alternatif dalam kehidupan sehari - hari.

6.      Siswa mengamati video, dan mampu menyebutkan contoh sumber energi panas, energi bunyi, serta energi alternatif dalam kehidupan sehari - hari.

7.      Guru memberikan tabel serat menjelasakan perbedaan antara sumber energi panas, energi bunyi, serta energi alternatif.

8.      Siswa memperhatikan tabel serta mendengarkan penjelasan guru.

9.      Siswa mampu mengidentifikasi antara sumber energi panas, energi bunyi, serta energi alternatif  sesuai denagn tabel.

10.   Guru membimbing siswa untuk membuat pesawat tebang dari kertas untuk membuktikan sumber energi alternatif  (energi angin).




7.3.       Kegiatan Akhir (15 menit)

1.      Guru memberikan reword untuk siswa yang aktif.
2.      Guru memberikan kesimpulan materi.
3.      Guru memberikan tugas rumah kepada siswa.
4.      Guru menucapkan salam.

VIII.       PENILAIAN
8.1.  Tes tulis
Mengerjakan tugas yang diberikan guru
8.2.  Tes lisan
Diberikan pada saat pembelajaran berlangsung
8.3.    Tes Perbuatan
Membuat pesawat terbang
Lampiran lampiran
1)      LKS
2)      Kunci jawaban LKS
3)      Lembar penilaian (LP)


                                                                                             Sidoarjo, 5  Mei 2014
                                                                                            





Mengetahui,
Kepala Sekolah





Dra. Hj. Siti Mahmudah, M.Kes
Dra. Hj. Siti Mahmudah, M.Kes
Dra. Hj. Siti Mahmudah, M.Kes
Dra. Hj. Siti Mahmudah, M.Kes
Dra. Hj. Siti Mahmudah, M.Kes
Dra. Hj. Siti Mahmudah, M.Kes
 

Guru Mata Pelajaran






Atik Wahyuni
 

 









LKS 1
( Lembar Kerja Siswa 1 )

Mata Pelajaran            : IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam )
Kelas/ semester           : 4/ I (ganjil) SDLB-C1
Kompetensi Dasar       : 1.1 Mendeskripsikan beberapa sumber energi
Nama                           : ...............................
A.   Pilihlah jawaban yang benar dengan menuliskan huruf a, b, c, atau d
di buku tugasmu!
1. Energi panas yang paling utama berasal dari ....
a. makanan              c. air
b. minyak bumi       d. matahari
2. Energi panas disebut juga ....
a. kalor                    c. energi cahaya
b. energi listrik        d. energi kinetic
3. Untuk mengeringkan baju diperlukan energi ....
a. kimia       c. panas
b. listrik       d. gerak

4. Berikut yang bukan merupakan sumber energi alternatif adalah ....
a. angin       c. matahari
b. bensin     d. air

5. Matahari merupakan sumber energi ....
a. panas dan gerak              c. cahaya dan listrik
b. panas dan cahaya            d. bunyi dan kimia

6. Bunyi dihasilkan oleh benda yang ....
a. bergerak              c. berpindah
b. bergetar               d. berputar

7. Berikut yang termasuk energi gerak adalah ....
a. angin, matahari               c. matahari, makanan
b. angin, air mengalir          d. batu bara, angin

8. Energi dari matahari yang diperlukan tumbuhan untuk berfotosintesis
adalah ....
a. energi panas        c. energi kimia
b. energi listrik        d. energi cahaya

9. Benda yang termasuk sumber energi yang tak terbatas adalah ....
a. bensin                   c. batu bara
b. matahari              d. solar



10. Sel surya menyerap energi yang berasal dari ....
a. panas bumi          c. air terjun
b. sinar matahari     d. angin



Kunci Jawaban LKS


1.      D                 6. B
2.      A                 7. B
3.      C                 8. D
4.      C                 9. B
5.      B                 10. B




































LP 1
( Lembar Penilaian 1 )

Mata Pelajaran            : IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam )
Kelas                           : 4 SDLB-C1
Kompetensi Dasar       : 1.1 Mendeskripsikan beberapa sumber energi.
Indikator                     : Membuat pesawat terbang.
Nama                           : ...............................

A. Tujuan: dapat membuat pesawat terbang dari kertas untuk membuktikan perubahan gerak      karena pengaruh udara.

B. Alat dan Bahan: kertas tulis/HVS, pensil, penggaris, dan gunting.

C. Langkah Kerja:
1. Potonglah kertas dengan ukuran 15 cm × 20 cm!
2 Lipat kertas seperti gambar di bawah ini!


3. Bentuklah model kepala pesawat dengan melipat seperti gambar
berikut!

4. Lipat kembali ke arah luar sehingga terbentuk model sayap
pesawat (perhatikan gamabr berikut)!

5. Lemparkan pesawat yang telah kamu buat dan amati gerakannya!











Lembar Penilaian

1.      Proses
No
Indikator
Baik
(3)
Sedang
(2)
Kurang
(1)
1.
Posisi duduk.



2.
Cara memotong kertas sesuai dengan ukuran.



3.
Cara melipat kertas sesuai dengan contoh tahap pertama.



4.
Cara melipat bentuk kepala pesawat.



5.
Cara melipat  kembali ke arah luar sehingga terbentuk model sayap pesawat.



6
Cara melempar pesawat yang telah dibuat dan mengamati gerakanya.




2.      Hasil
No
Indikator
Baik
(3)
Sedang
(2)
Kurang
(1)
1.
Bentuk pesawat



2.
Kerapian.



3.
Kreativitas.



4.
Pengamatan.




Penilaian

Nilai :  Total skor yang diperoleh   x 100 %
         Total skor maksimal


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Satuan Pendidikan                  : SDLB-C1
Mata Pelajaran                        : IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam )
Kelas                                       : VI / 1 (Ganjil)
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit ( 5 x pertemuan )
Standar Kompetensi               : Energi dan perubahanya
1.   Memahami sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari – hari.
Materi Pokok                          : Sumber energi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari dan cara  penghematanya.

I.         KOMPETENSI DASAR
1.3 Menyebutkan sumber energi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari dan cara  penghematanya.
II.      INDIKATOR
1)      Menyebutkan sumber energi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari.
2)      Menjelaskan sumber energi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari.
3)      Menjelaskan cara menghemat sumber energi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari.
4)      Membuat karya sederhana yang berhubungan dengan energi gerak.
5)      Bertanggung jawab
6)      Aktif
7)      Tanggap
8)      Jujur
III.   TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
1.      Diberikan materi tentang macam – macam sumber energi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari, siswa dapat menyebutkan minimal 3 sumber energi dengan benar.
2.      Diberikan penjelasan tentang macam – macam sumber energi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari, siswa dapat menjelaskan macam – macam sumber energi dengan bantuan guru.
3.      Diputarkan video edukasi cara menghemat sumber energi, siswa dapat menjelaskan cara menghemat sumber energi dengan bantuan guru.
Psikomotor
1.      Diberikan contoh  karya sederhana yang berhubungan dengan energi gerak, siswa dapat membuat karya sederhana yang berhubungan dengan energi gerak dengan bantuan guru.
Afektif
            1.      Diberikan penjelasan materi tentang macam – macam sumber energi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari, siswa dapat berperan aktif dengan mengajukan pertanyaan dan menjawab soal.
            2.      Diberikan gambar contoh cara membuat karya sederhana yang berhubungan dengan energi gerak, siswa dapat tanggap memperhatikan dan membuat contoh yang diberikan.
            3.      Diberikan tugas tugas rumah siswa dapat bertanggung jawab terhadap tugasnya.
            4.      Diberikan soal ulangan harian tentang materi  macam – macam sumber energi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari, siswa dapat jujur dengan mengerjakan soal ulangan semester sendiri tanpa bantuan teman.

IV.   MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran kooperatif
V.      SUMBER BELAJAR
1)      LKS 1 KD 1.3            : Menyebutkan sumber energi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari dan cara  penghematanya.
LP 1 KD 1.3   :  Membuat roket - roketan
2)      Buku BSE kelas IV Sulisyanto, Heri. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Hal 115 sampai hal 138.

VI.   ALAT DAN BAHAN
·         Video edukasi cara menghemat energy listrik
·         LCD, Proyektor.
·         Alat dan bahan lembar penilaiaan :   Sebuah balon sedang berbentuk panjang.
Dua lembar kertan karton.
  Gunting.
  Lem.
VII. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
7.1  Kegiatan awal   (10 menit)
Ø  Guru memberikan salam.
Ø  Guru berdo’a bersama siswa dipimpin oleh salah stau siswa
Ø  Guru mengabsen siswa.
Ø  Guru meningkatkan motivasi siswa dengan melakukan apersepsi, yakni guru menunjuk beberapa siswa untuk menjelaskan kembali materi yang dipelajari sebelumnya (fase 1 ).
Ø  Guru menerangkan tujuan pembelajaran pada pertemuan ini ( fase 1 ).

7.2  Kegiatan Inti (50 menit)
Ø  Guru menjelaskan materi sumber energi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari.( fase 2 )
Ø  Guru menyajikan informasi melalui penayangan video edukasi mengenai cara menghemat sumber energi. ( fase 2 )
Ø  Guru memberikan penjelasan di sela-sela penayangan video. ( fase 2 )
Ø  Guru membagikan LKS 1 KD 1.3 pada setiap siswa. ( fase 2 )
Ø  Guru membagi seluruh siswa menjadi beberapa kelompok. ( fase 3 )
Ø  Guru menginstruksikan setiap kelompok untuk mengerjakan LKS 1 KD 1.3 yang telah diberikan, serta membimbing kelompok untuk berdiskusi dalam proses pengerjaannya. ( fase 4 )
Ø  Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas, kemudian dilanjutkan tanggapan dari kelompok lain. ( fase 5 )
Ø  Guru memberikan umpan balik kepada siswa. ( fase 4 )
Ø  Guru membagikan LKS 2 KD 1.3 pada setiap kelompok. ( fase 2 )
Ø  Guru membimbing masing-masing kelompok untuk melaksanakan  percobaan membuat roket - roketan sesuai LKS 2 KD 1.3. ( fase 4 )
Ø  Setiap kelompok mempresentasikan hasil percobaan membuat roket - roketan di depan kelas. ( fase 5 ).
Ø  Guru memberikan umpan balik kepada siswa. ( fase 4 )

7.3  Kegiatan Penutup             (10 menit)
Ø  Guru bersama dengan siswa menyimpulkan pembelajaran pada pertemuan ini.
Ø  Guru memberikan reward kepada kelompok dengan kinerja terbaik. ( fase 6 )
Ø  Guru bisa memberikan penghargaan simbolis berupa pemberian bintang bagi kelompok terbaik. ( fase 6 )
Ø  Guru mengucapkan salam.

VIII.       PENILAIAN
8.1.  Tes tulis
Mengerjakan tugas yang diberikan guru
8.2.  Tes lisan
Diberikan pada saat pembelajaran berlangsung
8.3.        Tes Perbuatan
Membuat roket - roketan
Lampiran lampiran
1)      LKS 1
2)      LKS 2

                                                                                             Sidoarjo, 12  Mei 2014






Mengetahui,
Kepala Sekolah





Dra. Hj. Siti Mahmudah, M.Kes

 


Guru Mata Pelajaran






Atik Wahyuni

 
 



















LKS 1
( Lembar Kerja Siswa 1 )

Mata Pelajaran            : IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam )
Kelas                           : 4 SDLB-C1
Kompetensi Dasar       : 1.3 Menyebutkan sumber energi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari dan cara  penghematanya.
Indikator                     : 1. Menyebutkan jenis sumber energi
                                    2. Menjelaskan manfaat sumber energi
Nama kelompok          : ...............................

I.                   Isilah tabel di bawah ini dengan jawaban yang paling tepat. Diskusikan bersama kelompokmu !

No
Benda
Jenis energi
Manfaat
1.




2.




3





LKS 2
( Lembar Kerja Siswa 2 )

Mata Pelajaran            : IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam )
Kelas                           : 4 SDLB-C1
Kompetensi Dasar       : 1.3 Menyebutkan sumber energi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari dan cara  penghematanya.
Indikator                      : Membuat  roket – roketan.
Nama kelompok          : ...............................

Alat dan Bahan:
– Sebuah balon sedang berbentuk panjang
– Dua lembar kertan karton
– Gunting
– Lem

Langkah Kerja:
1.      Tiuplah balon sehingga mengembang.

2.      Buat tabung yang tidak pakai tutup bagian atas dan bawahnya (hanya selimutnya saja) dengan ukuran tabung sedikit lebih besar dibandingkan dengan ukuran balon.
3.      Buat sebuah kerucut untuk tutup tabung bagian atas.

4.      Masukkan balon ke dalam tabung kemudian bagian atasnya tutup dengan kerucut.
5.      Tusuk balon dari bagian dibawahnya!


Tabel Hasil Pengamatan

Tulislah kondisi kain sesuai dengan tabel !

No
Waktu
Kondisi Roket
1
Sebelum balon di tusuk

2
Setelah balon di tusuk


Jawablah pertanyaan di bawah ini !
1.      Apa yang terjadi setelah balon ditusuk?
2.      Mengapa bisa terjadi?
3.      Apakah kesimpulan pada percobaan ini ?



PEMETAAN KOMPETENSI DASAR  KURIKULUM TEMATIK

KELAS                                   : 2-SDLBC
MATA PELAJARAN                        : Bahasa Indonesia
                                                Matematika
                                                Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa)
TEMA                                     : LINGKUNGAN RUMAH
SUBTEMA                             : CIRI – CIRI BENDA
Bahasa Indonesia
2.1 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa ( SEMESTER 1 )
Matematika :
1.1 Membandingkan bilangan sampai 100 ( SEMESTER 2 )
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) :
2.1 Mengidentifikasi  ciri – ciri benda padat dan  cair yang ada disekitar ( SEMESTER 2 )



Rounded Rectangle: Bahasa Indonesia 
2.1 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
Indikator :
• Melakukan tanya jawab berdasarkan teks tentang kegiatan sehari – hari.
• Menanggapi isi percakapan.

Rounded Rectangle: Matematika 
1.1 Membandingkan bilangan sampai 100
Indikator :
• Menentukan suatu bilangan lebih kecil, lebih besar, atau sama besar dengan bilangan lain.
• Membandingkan suatau bilangan dengan menuliskan tanda > , <, atau = dengan bilanagan lain.
JARINGAN TEMA


 


SILABUS TEMATIK
KELAS                                   : 2-SDLBC
MATA PELAJARAN                        : Bahasa Indonesia
                                                Matematika
                                                Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
TEMA                                     : LINGKUNGAN RUMAH
SUBTEMA                             : CIRI – CIRI BENDA
No
Mata Pelajaran
Kopetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber / Bahan dan Alat
1.
Bahasa Indonesia
2.1 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa








·   tanya jawab tentang kegiatan sehari – hari.










·   Teks bercakap – cakap dengan kalimat santun.
·  Membaca teks percakapan
·  Melakukan tanya jawab bersama teman tentang kegiatan sehari – hari.







·  Menanggapi percakapan teman secara lisan.
2.1.1 Melakukan tanya jawab berdasarkan teks tentang kegiatan sehari – hari.








2.1.2  menanggapi isi percakapan.
Tes :
1.   Tertulis
2.   Lisan











2 x 30 menit (3 x pertemuan)
·    Buku BSE Ismoyo. 2008.Aku Bangga Bahasa Indonesia sekolah dasar kelas 2. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Hal 9 sampai hal 20.
·    Teks percakapan.
·    Teks bacaan.
·    Buku BSE Neliyanti, Tri Novita. 2008.Cinta Berbahasa Indonesia Untuk Kelas 2 Sekolah Dasar. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Hal 1 sampai hal 16.
·    Teman sekelas

2.
Matematiaka
1.1 membandingkan bilangan sampai 500
Membandingkan bilangan.
·   Menentukan bilangan lebih kecil, lebih besar, atau sama besar dengan bilanagan lain.
1.1.1 menentukan suatu bilangan lebih kecil, lebih besar, atau sama besar dengan bilangan lain.
Tes :
1.  Tertulis
2 x 30 menit (3 x pertemuan)
·    Buku BSE Purnomosidi. 2008.Matematika untuk SD / MI Kelas 2. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Hal 1 sampai hal 7.
·    Soal latihan

3.
Ilmu Pengetahuan Alam
2.1 mengidentifikasi ciri – ciri benda padat dan cair yang ada disekitar.
Benda dan sifatnya.
·  Menuliskan benda – benda yang ada pada gambar.
·  Melakukan percobaan perubahan benda padat dan benda cair.
·  Membuat kesimpulan dari hasil percobaan
2.1.1 Menyebutkan contoh benda padat dan benda cair.
2.1.2 menceritakan ciri – ciri benda padat dan benda cair.
Tes :
1. Tertulis
2 x 30 menit (3 x pertemuan)
·    Buku BSE Sulistyanto, Heri. 2008.Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD dan MI Kelas II. Jakarta : Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Hal 37 sampai hal 52.
·    Air
·    Kelereng
·    Gelas
·    Botol air mineral




Tidak ada komentar:

Posting Komentar