SILABUS
Satuan Pendidikan : SDLB Tunagrahita Ringan ( C )
Bidang Studi : Ilmu
Pengetahuan ALAM
Kelas/Semester : IV / 1 (ganjil)
Standar
Kompetensi : Energi dan perubahanya
1.
Memahami sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari –
hari.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan/Alat
|
1.1
|
Mendeskripsikan
beberapa sumber energi.
|
1. Energi panas
2. Energi bunyi
3. Energi alternatif
· Matahari
· Angin
· Air
· Panas bumi
|
Menyebutkan
dan menjelaskan beberapa sumber energy.
|
Kognitif
1)
Menyebutkan beberapa
sumber energi.
2)
Menjelaskan definisi
sumber energi panas, energi bunyi, dan energi alternatif.
3)
Mencontohkan sumber
energi panas, energi bunyi, dan energi alternative dalam kehidupan sehari –
hari.
Psikomotor
1)
Mengidentifikasi
macam – macam sumber energi.
Afektif
Perilaku
berkarakter :
1)
Aktif
2)
Ulet
3)
Jujur
4)
Tanggap
5)
Kreatif
6)
Bertanggung jawab
|
Tes
:
1. Tertulis
2. Lisan
|
2 x 35 menit
(5 x pertemuan)
|
·
Buku BSE Wahyono, Budi. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta : Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Hal 97
dan hal 101.
· Buku lain
yang relevan.
· Poster
bergambar benda-benda sumber energi
· Video
edukasi tentang beberapa sumber energi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN LANGSUNG
Satuan
Pendidikan : SDLB-C1
Mata
Pelajaran : IPA (
Ilmu Pengetahuan Alam )
Kelas : VI / 1 (Ganjil)
Alokasi
Waktu : 2 x 35
menit ( 5 x pertemuan )
Standar
Kompetensi : Energi dan perubahanya
1.
Memahami sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari –
hari.
Materi
Pokok : Diskripsi beberapa sumber energi.
I.
KOMPETENSI DASAR
1.1 Mendeskripsikan beberapa
sumber energi.
II. INDIKATOR
1)
Menyebutkan sumber
energi.
2)
Menjelaskan definisi
sumber energi panas, energi bunyi, dan energi alternatif.
3)
Mencontohkan sumber
energi panas, energi bunyi, dan energi alternatif dalam kehidupan sehari –
hari.
4)
Mengidentifikasi
macam – macam sumber energi.
5)
Aktif
6)
Ulet
7)
Jujur
8)
Tanggap
9)
Bertanggung jawab
III. TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
1.
Diberikan materi tentang macam – macam sumber energi, siswa dapat
menyebutkan minimal 3 sumber energi dengan benar.
2.
Diberikan penjelasan tentang definisi beberapa sumber energi, siswa
dapat menjelaskan definisi sumber
energi panas, energi bunyi, dan energi alternatif dengan bantuan guru.
3.
Diputarkan video edukatif contoh
– contoh sumber energi, siswa dapat mencontohkan sumber energi panas, energi bunyi, dan energi
alternatif dalam kehidupan sehari – hari dengan benar.
Psikomotor
1.
Diberikan tabel serta penjelasan macam – macam sumber energi, siswa
dapat mengidentifikasi yang termasuk sumber energi panas, energi bunyi, dan
energi alternative dengan bantuan guru.
Afektif
1.
Diberikan penjelasan
materi tentang macam – macam sumber energi,
siswa dapat berperan aktif dengan mengajukan pertanyaan dan menjawab soal.
2.
Diberikan tugas
mengidentifikasi yang termasuk sumber energi panas, bunyi, dan alternatif ,
siswa dapat ulet dalam mengerjakan tugas
dan belajar.
3.
Diberikan gambar
contoh sumber energi panas, bunyi, dan alternatif secara acak, siswa dapat tanggap
dengan menjawab contoh sumber energi
yang dimaksud oleh gambar yang diberikan.
4.
Diberikan tugas tugas
rumah siswa dapat bertanggung jawab terhadap tugasnya.
5.
Diberikan soal
ulangan harian tentang materi macam – macam sumber energi, siswa dapat jujur
dengan mengerjakan soal ulangan semester sendiri tanpa bantuan teman.
IV. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran langsung
V. SUMBER BELAJAR
1)
LKS 1 KD 1.1 : Mendeskripsikan beberapa sumber energi dalam kehidupan
sehari – hari.
LP
1 KD 1.1 : Membuat pesawat terbang
2)
Buku BSE kelas
IV Wahyono, Budi. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD dan MI Kelas IV.
Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan
Nasional. Hal 97 sampai
hal 101.
VI. ALAT DAN BAHAN
·
Video edukasi
contoh – contoh sumber energi
·
LCD,
Proyektor.
·
Table
macam – macam sumber energi.
·
Gambar
contoh sumber energi panas
·
Gambar
contoh sumber energi bunyi.
·
Gambar
contoh sumber energi alternatif.
VII.LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
7.1.
Kegiatan
Awal (10 menit)
1.
Guru
memberikan salam
2.
Guru
bersama siswa dipimpin salah satu siswa untuk berdo’a
3.
Guru
melakukan absensi dan memotivasi siswa
4.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
7.2.
Kegiatan
Inti ( 45 menit)
1.
Guru
menjelaskan tentang macam – macam sumber energi.
2.
Siswa mendengarkan
penjelasan guru serta mampu menyebutkan macam – macam sumber energi.
3.
Guru menjelaskan
definisi sumber energi panas, energi bunyi, serta energi alternatif
4.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru serta mampu mendefinisikan sumber energi panas,
energi bunyi, serta energi alternatif.
5.
Guru
memutarkan video edukasi contoh sumber
energi panas, energi bunyi, serta energi alternatif dalam kehidupan sehari -
hari.
6.
Siswa
mengamati video, dan mampu menyebutkan contoh sumber energi panas, energi
bunyi, serta energi alternatif dalam kehidupan sehari - hari.
7.
Guru
memberikan tabel serat menjelasakan perbedaan antara sumber energi panas,
energi bunyi, serta energi alternatif.
8.
Siswa
memperhatikan tabel serta mendengarkan penjelasan guru.
9.
Siswa
mampu mengidentifikasi antara sumber energi panas, energi bunyi, serta energi
alternatif sesuai denagn tabel.
10. Guru membimbing
siswa untuk membuat pesawat tebang dari kertas untuk membuktikan sumber energi alternatif
(energi angin).
7.3.
Kegiatan
Akhir (15 menit)
1.
Guru memberikan
reword untuk siswa yang aktif.
2.
Guru
memberikan kesimpulan materi.
3.
Guru
memberikan tugas rumah kepada siswa.
4.
Guru
menucapkan salam.
VIII. PENILAIAN
8.1. Tes
tulis
Mengerjakan
tugas yang diberikan guru
8.2. Tes
lisan
Diberikan pada saat pembelajaran
berlangsung
8.3. Tes Perbuatan
Membuat
pesawat terbang
Lampiran –
lampiran
1) LKS
2) Kunci
jawaban LKS
3) Lembar
penilaian (LP)
Sidoarjo,
5 Mei 2014
|
|
||||
LKS 1
( Lembar
Kerja Siswa 1 )
Mata
Pelajaran : IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam )
Kelas/ semester : 4/ I (ganjil) SDLB-C1
Nama :
...............................
A. Pilihlah jawaban yang benar dengan menuliskan huruf a, b, c, atau d
di buku tugasmu!
1. Energi panas yang paling utama berasal dari ....
a. makanan c.
air
b. minyak
bumi d. matahari
2. Energi panas disebut juga ....
a. kalor c. energi cahaya
b. energi
listrik d. energi kinetic
3. Untuk mengeringkan baju diperlukan energi ....
a. kimia c. panas
b. listrik
d. gerak
4. Berikut yang bukan merupakan sumber energi
alternatif adalah ....
a. angin c. matahari
b. bensin d. air
5. Matahari merupakan sumber energi ....
a. panas
dan gerak c. cahaya dan
listrik
b. panas
dan cahaya d. bunyi dan kimia
6. Bunyi dihasilkan oleh benda yang ....
a.
bergerak c. berpindah
b.
bergetar d. berputar
7. Berikut yang termasuk energi gerak adalah ....
a. angin,
matahari c. matahari,
makanan
b. angin,
air mengalir d. batu bara, angin
8. Energi dari matahari yang diperlukan tumbuhan untuk
berfotosintesis
adalah ....
a. energi
panas c. energi kimia
b. energi
listrik d. energi cahaya
9. Benda yang termasuk sumber energi yang tak terbatas
adalah ....
a. bensin c. batu bara
b.
matahari d. solar
10. Sel surya menyerap energi yang berasal dari ....
a. panas
bumi c. air terjun
b. sinar
matahari d. angin
Kunci
Jawaban LKS
1. D 6. B
2. A 7. B
3. C 8. D
4. C 9. B
5. B 10. B
LP 1
( Lembar
Penilaian 1 )
Mata
Pelajaran : IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam )
Kelas : 4
SDLB-C1
Kompetensi
Dasar : 1.1 Mendeskripsikan
beberapa sumber energi.
Indikator : Membuat pesawat terbang.
Nama :
...............................
A. Tujuan: dapat membuat pesawat terbang dari kertas untuk membuktikan perubahan
gerak karena pengaruh udara.
B. Alat dan Bahan: kertas tulis/HVS, pensil,
penggaris, dan gunting.
C. Langkah Kerja:
1.
Potonglah kertas dengan ukuran 15 cm × 20 cm!
2 Lipat kertas seperti gambar di bawah ini!
3. Bentuklah model kepala pesawat dengan melipat seperti
gambar
berikut!
4. Lipat kembali ke arah luar sehingga terbentuk model
sayap
pesawat
(perhatikan gamabr berikut)!
5.
Lemparkan pesawat yang telah kamu buat dan amati gerakannya!
Lembar
Penilaian
1. Proses
No
|
Indikator
|
Baik
(3)
|
Sedang
(2)
|
Kurang
(1)
|
1.
|
Posisi
duduk.
|
|
|
|
2.
|
Cara
memotong kertas sesuai dengan ukuran.
|
|
|
|
3.
|
Cara melipat kertas sesuai dengan contoh tahap pertama.
|
|
|
|
4.
|
Cara melipat bentuk kepala pesawat.
|
|
|
|
5.
|
Cara
melipat kembali ke arah luar sehingga
terbentuk model sayap pesawat.
|
|
|
|
6
|
Cara
melempar pesawat yang telah dibuat dan mengamati gerakanya.
|
|
|
|
2. Hasil
No
|
Indikator
|
Baik
(3)
|
Sedang
(2)
|
Kurang
(1)
|
1.
|
Bentuk
pesawat
|
|
|
|
2.
|
Kerapian.
|
|
|
|
3.
|
Kreativitas.
|
|
|
|
4.
|
Pengamatan.
|
|
|
|
Penilaian
Nilai : Total skor yang diperoleh x 100 %
Total skor maksimal
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Satuan
Pendidikan : SDLB-C1
Mata
Pelajaran : IPA (
Ilmu Pengetahuan Alam )
Kelas : VI / 1 (Ganjil)
Alokasi
Waktu : 2 x 35
menit ( 5 x pertemuan )
Standar
Kompetensi : Energi dan perubahanya
1.
Memahami sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari –
hari.
Materi Pokok : Sumber energi yang sering digunakan dalam kehidupan
sehari – hari dan cara penghematanya.
I.
KOMPETENSI DASAR
1.3 Menyebutkan sumber
energi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari dan cara penghematanya.
II. INDIKATOR
1)
Menyebutkan sumber energi
yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari.
2)
Menjelaskan sumber
energi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari.
3)
Menjelaskan cara
menghemat sumber energi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari.
4)
Membuat karya sederhana
yang berhubungan dengan energi gerak.
5)
Bertanggung jawab
6)
Aktif
7)
Tanggap
8)
Jujur
III. TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
1.
Diberikan materi tentang macam – macam sumber energi yang sering digunakan dalam kehidupan
sehari – hari,
siswa dapat menyebutkan minimal 3 sumber energi dengan benar.
2.
Diberikan penjelasan tentang macam – macam sumber energi yang sering digunakan dalam kehidupan
sehari – hari,
siswa dapat menjelaskan macam – macam sumber energi dengan bantuan guru.
3.
Diputarkan video edukasi cara menghemat sumber energi, siswa dapat menjelaskan
cara menghemat sumber energi
dengan bantuan guru.
Psikomotor
1.
Diberikan contoh karya sederhana yang berhubungan dengan
energi gerak, siswa dapat membuat karya sederhana yang berhubungan dengan
energi gerak dengan bantuan guru.
Afektif
1.
Diberikan
penjelasan materi tentang macam – macam sumber
energi yang
sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari, siswa dapat berperan aktif dengan
mengajukan pertanyaan dan menjawab
soal.
2.
Diberikan gambar
contoh cara membuat karya
sederhana yang berhubungan dengan energi gerak, siswa dapat tanggap memperhatikan dan membuat contoh yang diberikan.
3.
Diberikan tugas tugas
rumah siswa dapat bertanggung jawab terhadap tugasnya.
4.
Diberikan soal
ulangan harian tentang materi macam – macam sumber energi yang sering digunakan dalam kehidupan
sehari – hari, siswa dapat jujur dengan
mengerjakan soal ulangan semester sendiri tanpa bantuan teman.
IV. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran
kooperatif
V. SUMBER BELAJAR
1)
LKS 1 KD 1.3 : Menyebutkan sumber energi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari –
hari dan cara penghematanya.
LP
1 KD 1.3 : Membuat roket - roketan
2) Buku
BSE kelas IV Sulisyanto, Heri.
2008. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD dan
MI Kelas IV. Jakarta : Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional. Hal 115
sampai hal 138.
VI. ALAT DAN BAHAN
·
Video edukasi
cara menghemat energy listrik
·
LCD,
Proyektor.
·
Alat dan
bahan lembar penilaiaan : Sebuah balon sedang
berbentuk panjang.
Dua lembar kertan karton.
Gunting.
Lem.
VII. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
7.1 Kegiatan
awal (10 menit)
Ø Guru
memberikan salam.
Ø Guru berdo’a bersama siswa dipimpin oleh salah stau
siswa
Ø Guru
mengabsen siswa.
Ø Guru
meningkatkan motivasi siswa dengan melakukan apersepsi, yakni guru menunjuk
beberapa siswa untuk menjelaskan kembali materi yang dipelajari sebelumnya (fase 1 ).
Ø Guru
menerangkan tujuan pembelajaran pada pertemuan ini ( fase 1 ).
7.2 Kegiatan
Inti (50 menit)
Ø Guru
menjelaskan materi sumber energi yang sering
digunakan dalam kehidupan sehari – hari.( fase 2 )
Ø Guru
menyajikan informasi melalui penayangan video edukasi mengenai cara menghemat sumber energi.
( fase 2 )
Ø Guru
memberikan penjelasan di sela-sela penayangan video. ( fase 2 )
Ø Guru
membagikan LKS 1 KD 1.3
pada setiap siswa. ( fase 2 )
Ø Guru
membagi seluruh siswa menjadi beberapa kelompok. ( fase 3 )
Ø Guru
menginstruksikan setiap kelompok untuk mengerjakan LKS 1 KD 1.3 yang telah diberikan,
serta membimbing kelompok untuk berdiskusi dalam proses pengerjaannya. ( fase 4
)
Ø Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas, kemudian dilanjutkan
tanggapan dari kelompok lain. ( fase 5 )
Ø Guru
memberikan umpan balik kepada siswa.
( fase 4 )
Ø Guru
membagikan LKS 2
KD 1.3 pada setiap
kelompok. ( fase 2 )
Ø Guru
membimbing masing-masing kelompok untuk melaksanakan percobaan
membuat roket - roketan sesuai LKS 2 KD 1.3. ( fase 4 )
Ø Setiap
kelompok mempresentasikan hasil percobaan
membuat roket - roketan di depan kelas. ( fase 5
).
Ø Guru
memberikan umpan balik kepada siswa.
( fase 4 )
7.3 Kegiatan
Penutup (10 menit)
Ø
Guru
bersama dengan siswa menyimpulkan pembelajaran pada pertemuan ini.
Ø
Guru
memberikan reward kepada kelompok dengan kinerja terbaik. ( fase 6 )
Ø
Guru
bisa memberikan penghargaan simbolis berupa pemberian bintang bagi kelompok
terbaik. ( fase 6 )
Ø
Guru mengucapkan salam.
VIII. PENILAIAN
8.1. Tes
tulis
Mengerjakan
tugas yang diberikan guru
8.2. Tes
lisan
Diberikan pada saat pembelajaran
berlangsung
8.3. Tes Perbuatan
Membuat
roket - roketan
Lampiran –
lampiran
1) LKS 1
2) LKS 2
Sidoarjo,
12 Mei 2014
|
|||
|
LKS 1
( Lembar
Kerja Siswa 1 )
Mata
Pelajaran : IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam )
Kelas : 4
SDLB-C1
Kompetensi Dasar : 1.3
Menyebutkan
sumber energi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari dan cara penghematanya.
Indikator : 1. Menyebutkan jenis
sumber energi
2.
Menjelaskan manfaat sumber energi
Nama kelompok : ...............................
I.
Isilah tabel di bawah ini dengan jawaban
yang paling tepat. Diskusikan bersama kelompokmu !
No
|
Benda
|
Jenis energi
|
Manfaat
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3
|
|
|
|
LKS 2
( Lembar
Kerja Siswa 2 )
Mata
Pelajaran : IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam )
Kelas : 4
SDLB-C1
Kompetensi Dasar : 1.3 Menyebutkan sumber energi
yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari dan cara penghematanya.
Indikator : Membuat roket –
roketan.
Nama kelompok : ...............................
Alat dan Bahan:
– Sebuah
balon sedang berbentuk panjang
– Dua
lembar kertan karton
– Gunting
– Lem
Langkah Kerja:
1.
Tiuplah balon
sehingga mengembang.
2. Buat tabung yang tidak pakai tutup bagian atas dan bawahnya (hanya
selimutnya saja) dengan ukuran tabung sedikit lebih besar dibandingkan dengan
ukuran balon.
3. Buat sebuah kerucut untuk tutup tabung bagian atas.
4. Masukkan balon ke dalam tabung kemudian bagian atasnya tutup dengan
kerucut.
5. Tusuk balon dari bagian dibawahnya!
Tabel
Hasil Pengamatan
Tulislah
kondisi kain sesuai dengan tabel !
No
|
Waktu
|
Kondisi Roket
|
1
|
Sebelum balon di tusuk
|
|
2
|
Setelah balon di tusuk
|
|
Jawablah pertanyaan di bawah ini !
1. Apa yang terjadi setelah balon ditusuk?
2. Mengapa bisa terjadi?
3. Apakah
kesimpulan pada percobaan ini ?
PEMETAAN KOMPETENSI
DASAR KURIKULUM TEMATIK
KELAS :
2-SDLBC
MATA PELAJARAN :
Bahasa Indonesia
Matematika
Ilmu
Pengetahuan Alam (Ipa)
TEMA : LINGKUNGAN RUMAH
SUBTEMA : CIRI – CIRI BENDA
Bahasa Indonesia
2.1
Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan
kata yang tepat dan santun berbahasa ( SEMESTER 1 )
Matematika :
1.1
Membandingkan bilangan sampai 100 (
SEMESTER 2 )
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
:
2.1 Mengidentifikasi ciri – ciri benda padat dan cair yang ada disekitar (
SEMESTER 2
)
JARINGAN TEMA
SILABUS TEMATIK
KELAS :
2-SDLBC
MATA PELAJARAN :
Bahasa Indonesia
Matematika
Ilmu
Pengetahuan Alam ( IPA )
TEMA : LINGKUNGAN RUMAH
SUBTEMA : CIRI – CIRI BENDA
No
|
Mata Pelajaran
|
Kopetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber / Bahan
dan Alat
|
1.
|
Bahasa Indonesia
|
2.1 Bertanya
kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun
berbahasa
|
· tanya jawab tentang kegiatan sehari – hari.
· Teks bercakap – cakap dengan kalimat santun.
|
· Membaca teks percakapan
· Melakukan tanya jawab bersama teman tentang kegiatan sehari – hari.
· Menanggapi percakapan teman secara lisan.
|
2.1.1 Melakukan tanya jawab berdasarkan teks tentang
kegiatan sehari – hari.
2.1.2
menanggapi isi percakapan.
|
Tes
:
1. Tertulis
2. Lisan
|
2 x 30 menit (3 x pertemuan)
|
·
Buku BSE Ismoyo. 2008.Aku Bangga Bahasa
Indonesia sekolah dasar kelas 2.
Jakarta : Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Hal 9
sampai hal 20.
·
Teks percakapan.
·
Teks bacaan.
·
Buku BSE Neliyanti, Tri
Novita.
2008.Cinta Berbahasa Indonesia Untuk Kelas 2 Sekolah
Dasar.
Jakarta : Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Hal 1 sampai
hal 16.
·
Teman
sekelas
|
2.
|
Matematiaka
|
1.1 membandingkan bilangan sampai 500
|
Membandingkan bilangan.
|
· Menentukan bilangan lebih kecil, lebih besar, atau sama besar dengan
bilanagan lain.
|
1.1.1 menentukan suatu bilangan lebih kecil, lebih
besar, atau sama besar dengan bilangan lain.
|
Tes :
1. Tertulis
|
2 x 30 menit (3 x pertemuan)
|
·
Buku BSE Purnomosidi. 2008.Matematika untuk SD / MI
Kelas 2.
Jakarta : Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Hal 1
sampai hal 7.
·
Soal latihan
|
3.
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
2.1 mengidentifikasi ciri – ciri benda padat dan
cair yang ada disekitar.
|
Benda dan sifatnya.
|
· Menuliskan benda – benda yang ada pada gambar.
· Melakukan percobaan perubahan benda padat dan benda cair.
· Membuat kesimpulan dari hasil percobaan
|
2.1.1 Menyebutkan contoh benda padat dan benda cair.
2.1.2 menceritakan ciri – ciri benda padat dan benda
cair.
|
Tes :
1. Tertulis
|
2 x 30 menit (3 x pertemuan)
|
·
Buku BSE Sulistyanto, Heri. 2008.Ilmu Pengetahuan Alam
Untuk SD dan MI Kelas II.
Jakarta : Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Hal 37 sampai hal 52.
·
Air
·
Kelereng
·
Gelas
·
Botol air
mineral
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar